Michael Douglas didiagnosa menderita kanker tenggorokan (kanker orofaringeal ) tiga tahun lalu Dia awalnya mengatakan hal itu disebabkan karena merokok, penyalahgunaan alkohol dan stres . Namun, ia baru-baru ini mengatakan kepada The Guardian bahwa itu disebabkan oleh oral seks ( cunnilingus ) .

Dalam sebuah wawancara dengan The Guardian reporter , Xan Brooks , Douglas mengatakan bahwa nya jenis kanker disebabkan oleh human papillomavirus ( HPV ) " yang sebenarnya berasal dari cunnilingus " . Agennya kemudian mengatakan Douglas telah berbicara secara umum , dan bukan tentang kanker sendiri , tapi Guardian menanggapinya dengan menerbitkan rekaman suara wawancara yang jelas menunjukkan ia menyalahkan seks oral untuk kanker , dan bukan
karena minum , merokok dan stres .

Douglas pertama mengungkapkan rincian kanker tenggorokannya di David Letterman Show, pada September 2010 .
Jadi , apa risiko terkena kanker tenggorokan dari oral seks ?
Gypsyamber D' Souza , PhD , MPH , dari Johns Hopkins School of Public Health, dan tim menjelaskan di American Society of Clinical Oncology ( ASCO ) pertemuan tahunan di Chicago , Illinois , bahwa kanker tenggorokan yang timbul dari HPV tidak muncul untuk meningkatkan risiko untuk mitra domestik kanker yang sama .


Para peneliti menambahkan bahwa pasangan yang telah bersama-sama untuk waktu yang lama mungkin sudah berbagi infeksi apa pun yang mereka miliki. Tidak ada perubahan dalam keintiman fisik yang diperlukan , mereka menekankan . Dengan kata lain " Pasangan akan menginfeksi satu sama lain dengan apapun yang mereka miliki tetap - oral seks tidak akan meningkatkan atau mengurangi risiko infeksi " .
Oral seks dengan 6 atau lebih mitra meningkatkan risiko kanker tenggorokan , kata satu studi
Dalam studi yang dipublikasikan di NEJM ( New England Journal of Medicine ) , Dr Maura Gillison dari Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health di Baltimore , Maryland ,
Mereka menemukan bahwa orang yang memiliki setidaknya 6 pasangan oral seks selama hidup mereka adalah 3,4 kali lebih mungkin untuk memiliki kanker tenggorokan . Mereka dengan 26 atau lebih pasangan seks vagina memiliki risiko 3,1 kali lebih tinggi terkena kanker tenggorokan .
Apa faktor risiko untuk kanker tenggorokan ?
Merokok - ini adalah jauh faktor risiko yang paling penting untuk kanker tenggorokan . Regular , jangka panjang , perokok berat adalah 20 kali lebih mungkin untuk mengembangkan beberapa jenis kanker tenggorokan dibandingkan non - perokok .

Alkohol -
mengkonsumsi alkohol, terutama peminum berat  , juga meningkatkan risiko terkena kanker tenggorokan .

Orang-orang yang melakukan keduanya - minum dan merokok banyak - memiliki risiko tertinggi.

Semoga bermanfaat tips kesehatan


Sumber:  www.medicalnewstoday